Cara Memotong Bawang Tanpa Mata Pedih

Mengatasi mata menagis saat mengiris bawang - Bawang merah adalah bumbu yang sering dipakai dalam masakan tradisional Indonesia. Nyaris semua jenis lauk, baik yang bersantan maupun yang tanpa santan, menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbu wajib. Tidak mengherankan jika ketika harga bawang merah melejit, banyak ibu rumah tangga yang 'menjerit'.

Tidak hanya harga bawang merah yang membuat air mata para ibu rumah tangga menetes. Kandungan senyawa belerang yang ada di dalam bawang merah pun bisa membuat air mata menetes karena kepedihan.

Ketika bawang merah dikupas dan dipotong-potong, senyawa belerang yang ada di dalam bawang merah bereaksi dengan suatu jenis enzim yang bisa mengubahnya menjadi asam sulfenat bersifat tidak stabil. Senyawa ini dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap.

Senyawa yang menguap ini kemudian beterbangan di udara saat pisau membelah lapisan-lapisan bawang merah. Lalu senyawa itu masuk ke dalam mata kita dan membentuk asam sulfur. Itulah yang sebenarnya alasan mengapa mata kita pedih saat mengiris bawang merah.

Agar mata tidak pedih saat memotong-motong bawang merah, Anda bisa gunakan alat masak terbaru dari Tupperware dengan nama Turbo Chopper. Alat pemotong bumbu ini wajib dimiliki oleh Anda yang senang berkreasi di dapur dan juga berguna untuk Anda yang tidak ingin menangis saat memotong bawang.

0 Response to "Cara Memotong Bawang Tanpa Mata Pedih"

Post a Comment